Cara Membuat CV yang Menarik

Bismillahirrahmanirrahim...

Kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan saya tentang curriculum vitae atau yang lebih terkenal dengan sebutan CV, setau saya CV sangat penting apa lagi bagi kita yang akan melamar kerja. Fungsi CV dalam melamar kerja sangat penting, bahkan dalam beberapa kesempatan CV bisa mentukan diterima atau engganya kita. Iya kan?

Lantas, gimana caranya agar CV yang kita buat itu menarik dan menentukan kita diterima di dalam lamaran pekerjaan. Baiklah, saya ada beberapa tips cara membuat CV yang menarik dan bisa memikat hati sang pembaca.

Tips ini saya rangkum dari beberapa Narasumber dalam seminar yang pernah saya ikuti, lets check this out yoookk..

1. Buatlah CV Anda Se-jujur Mungkin
Ini dia kunci utama dalam memulai suatu hal yang baik, buatlah data data yang anda masukan pada cv anda memang apa adanya, jujur dan tidak dibuat buat apa lagi di rekayasa. Ini penting karena selain etika sebagai pribadi yang baik, jika suatu hari nanti anda diwawancara tentang cv anda dan anda tidak menguasai isi cv anda sendiri, sudah pasti itu akan menjadi bumerang bagi anda.

2. Buat Tampilan Beda
Jika pada umumnya cv itu hanya dibuat dengan selembar kertas putih yang biasa, maka untuk sekarang anda bisa merubahnya. buatlah cv dengan format lain, misal anda gunakan coreldraw untuk mendesign-nya hingga tampilannya bisa anda reka sekreatif mungkin.

3. Kreatiflah
Jika anda akan membuat cv kreatiflah dalam mencari ide design cv, buatlah cv anda dengan tema tertentu dan indah untuk dilihat. sehingga menarik perhatian utnuk dibaca.

4. Isi CV
Masukkanlah data-data yang memang penting dan bisa menjadi bahan pertimbangan si pembaca. contoh data yang dimuat dalam cv antara lain, data diri, pendidikan, keahlian, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pelatiahan khusus yang pernah diikuti, penghargaan. jangan memasukka data yang kurang penting.

5. Mainkan Gradasi Warna
Jangan lupa, kalau isinya udah berbobot maka designnya pun harus unik. Buatlah cv anda dengan warna yang berbeda. Anda bisa memberikan bacground khusus atau gradasi warna pada cv anda agar lebih menarik.

6. Buatlah Kesan
Ketika orang lain membaca cv anda itu kan beratti orang itu belum mengenal anda, nah disinilah fungsi cv. maka anda harus membuat cv anda menjadi gambaran anda dan saat si pembaca sedang membca cv anda dia bisa membayangkan anda seperti apa.

7. Bahasa
Jangan pake bahasa yang biasa, buatlah cv anda dengan bahasa Inggris agar menjadi nilai plus plus untuk anda ketika cv anda di baca.

Itu saja mungkin yang bisa saya bagikan kali ini, ya walaupun saya juga bukan ahlinya dalam bidang ini, namun menurut berberapa orang HRD yang pernah memberikan seminar tentang cv, ya ini lah yang bisa saya rangkum..

Agak Narsis dikit, saya ada conto CV hasil karya saya.. Moga berkenan..


Copyright: @DanDaen

Semoga bermanfaat...

Best Regards,
Bang_Dae

2 Komentar untuk "Cara Membuat CV yang Menarik"

Keren nih kang, sangat bermanfaat :D

Alhamdulillah kalau bermanfaat kang.. :-)

Back To Top