Bahaya Belajar Sambil Mendengarkan Musik


Tidak sedikit orang yang suka belajar sambil mendengarkan musik, nonton televisi atau mendengarkan radio. Tapi tidak sedikit pula orang yang melakukan kegiatan tersebut sekaligus, akan tetapi sebenarnya belajar sambil mendengarkan musik bisa saja menimbulkan berbagai dampak tidak baik untuk otak. Mengapa?


Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan pelajar yang suka mendengarkan musik ketika belajar membawa dampak yang kurang baik bahkan buruk bagi otak. Mengapa hal ini bisa terjadi dan apa sebenarnya penyebab utama dari dari hal ini. Berikut beberapa alasan mengapa belajar sambil mendengarkan musik tidak baik bagi otak.



Mempelajari materi ujian sambil mendengarkan musik bukanlah hal yang tepat, karena latar belakang musik dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan memori, yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi konsentrasi, jika kita belajat sambil mendengarkan musik maka otak kita akan bekerja double dan konsentrasi pun akan terpecah. Itulah alasan pertama mengapa belajar sambil mendengarkan musik menjadi kurang baik.



Alasan berikutnya mengapa belajar sambil mendengarkan musik menjadi tidak baik untuk ota adalah adanya hasil penelitian beriky. Penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnalApplied Cognitive Psychology ini, dilakukan dengan meminta partisipan mengingat delapan data dalam urutan. Penelitian ini dilakukan di lima kondisi berbeda, yaitu lingkungan yang tenang, diperdengarkan musik yang disukai, musik tak disukai, data tidak stabil (urutan acak) dan data stabil, kondisi ini segaja dipilih karena kondisi ini mencerminkan kondisi asli ketika kita belajar dengan mendengarkan musik.



Hasilnya, kemampuan mengingat partisipan buruk saat kondisi mendengarkan musik, baik musik yang disukai maupun yang tak disukai, juga saat dilakukan mengacakan data. Sedangkan ingatan paling bagus terjadi ketika berada pada lingkungan yang tenang dengan data yang tetap atau stabil. Hasil ini menunjukan bahwa ada dampak yang kurang baik yang ditimbulkan ketika kita belajara sambil mendengarkan musik. Berikut ini adalah kutipan hasil penelitian yang menunjukan bahwa belajar sambilmendengarkan musik kurang baik bagi otak.



"Rendahnya daya ingat partisipan pada saat mendengarkan musik dan mengalami data acak terjadi karena adanya variasi di lingkungan akustik. Secara langsung  hal ini merusak kemampuan untuk mengingat dan berkonsentrasi pada satu masalah ketika otak bekerja secara double, maka hasil dari pengingatan urutan data dan pengulangan pun menjadi tidak teratur," tutur Nick Perham, peneliti dan dosen di School of Psychology, University of Wales Institute di Cardiff, seperti dilansir dari Health24, Jumat (6/8/2010). Itulah sedikit dari hasil penelitian yang menunjukan dampak buruk dari belajar sambil endengarkan musik.



Namun, studi lain menunjukkan bahwa mendengarkan suara-suara tertentu seperti bahan kuliah saat tidur justru dapat meningkatkan daya ingat. Jadi daripada otak kita bekerja tidak maksimal lebih baik kita maksimalkan kemampuan okerja otak kita dengan memberikan masukan yang baik kepada otak kita.
0 Komentar untuk "Bahaya Belajar Sambil Mendengarkan Musik"

Back To Top