Amalan Penting dihari Lebaran

www.sanggarbelajarbareng.blogspot.com
LEBARAN adalah hari yang sangat ditunggu tunggu oleh hampir semua umat islam, banyak hal yang menyenagkan dihari raya. akan tetapi jika kita hanya memikirkan kesenangan pada hari lebaran saja maka kita tidak akan mendapatkan pahala yang lebih di bulan ramadhan.
berikut ini beberapa amalan yang mungkin bisa anda lakukan saat hari raya idul fitri. 

Pertama: Membaca Takbir setelah Shalat Subuh dan Shalat ‘Idul Fitri.

akan tetapi jangan membaca takbir setelah imam naik ke mimbar khutbah, kaena takbir idul fitri hanya boleh dibaca sebelum imam naik mimbar.

Kedua: Membaca doa berikut setelah shalat Shubuh: "Allahumma inni tawajjahtu ilayka bi-Muhammadin amami." selain doa ini anda juga bisa membaca doa lain yang dianjurkan ketika hari raya sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat Allah SWT.

Artinya : "Ya Allah aku menghadap-Mu dengan Muhammad di depanku."

Ketiga: Mengeluarkan zakat fitrah sebelum shalat ‘Idul Fitri.
mengeluarkan zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu, hukumnya jelas wajib karena ini juga meruakan bagian dari rukun islam yang ke 3, sehingga ketika kita tidak mengeluarkan zakat maka kita tidak menggugurkan kewajiban kita, kemudian hendaklah mengeluarkan zakat sebelum imam naik mimbar pada saat shalat idul fitri

Keempat: Mandi sunnah. Waktunya, dari fajar hingga pelaksanaan shalat ‘Idul Fitri. Sebelum hendak membaca.
kebersihan adalah hal lain yang disunatkan pada saat  idul fitri, seperti perkataan sahabat bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.
"Allahumma imanan bika, wa tashdiqan bi-kitabika, wattiba’a sunnati Nabiyyika Muhammadin shallallahu ‘alayhi wa alih (i)."

Artinya : Ya Allah, kuatkan Imanku pada-Mu, pembenaranku terhadap kitab-Mu, dan kepatuhanku terhadap sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW.

Kemudian membaca Basmalah, lalu mulai mandi. Setelah mandi membaca doa berikut: "Allahummaj’alhu kaffaratan li-dzunubi, wa thahhir dini, Allahummadzhib ‘annid danasa."

Artinya : "Ya Allah, jadikan mandiku ini sebagai penghapus dosa-dosaku, dan sucikan keberagamaanku. Ya Allah, hilangkan dariku noda-noda dosa."

Kelima: Memakai pakaian yang bagus, baik dan memakai wewangian. Dan disunnahkan shalat ‘Idul Fitri di lapangan di bawah langit, tanpa atap (kecuali di Mekkah).
seperti hal no. 4 memakai baju bersih adalah hal yang disunatkan, lebih dianjurkan lagi apabila memakai baju berwarna putih.

Keenam: Berbuka di permulaan siang (makan pagi) sebelum shalat ‘Idul Fitri. Yang utama berbuka dengan kurma atau sesuatu yang manis, dan menelan sedikit Turbah Husayni karena ia merupakan penawar setiap penyakit. Ini disunatkan agar bisa membedakan bahwa bulan ramadhan telah berakhir dan kita tidak diperkenankan untuk berpuasa pada hari lebaran.

Ketujuh: Pergi untuk shalat ‘Idul Fitri sesudah terbit matahari. Dan sebelum pergi hendaknya membaca “Doa sebelum Pergi ke Shalat Idul Fitri”.
hendaklah kita megucapkan doa sebelum kita bepergian dan pada saat akan berangkat shalat idul fitri kita disunatkan membaca doa.

Kedelapan: Shalat ‘Idul Fitri. Setelah selesai kita shalat disunnahkan membaca Tasbih Az-Zahra’. Dan disunnahkan pulang dari shalat lewat jalan yang berbeda dari jalan berangkatnya, sambil mendoakan kaum mukminin semoga amal mereka diterima oleh Allah SWT. setelah itu sebaiknya kita meminta maaf kepada setiap muslim yang kita temui dimanapun karena kita pasti memiliki salah kepada setia orang.

Kesembilan: Ziarah
berziarah kepada orang yang sudah meninggal sangat dianjurkan bagi kaum muslimin karena orang yang sudah meninggal membuthkan doa dari kita, apalagi jika orang yang sudah meninggal itu kerabat kita.

Kesepuluh: Membaca doa Nudbah.
layaknya doa-doa yang lain doa ini sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat allah yang sudah kita dapatkan selama ini.

Semoga semua amalan diatas dapat menjadikan kita lebih baik lagi, dan semoga tidak hanya kesenangan yang kita dapat dihari raya tapi pahalapun senantisa kita dapatkan.
0 Komentar untuk "Amalan Penting dihari Lebaran"

Back To Top