Tips Sukses Wawancara (Wawancara Hebat)


Setelah banyak tips mengenai cara belajar yang mungkin bisa pembaca aplikasikan, kini saya akan berbagi mengenai tips sukses dalam wawancara, wawancara sangat penting ketika kita akan memasuki dunia kerja karena biasanya awal dari sebuah pekerjaan adalah wawancara. Seorang manager atau pihak HRD biasanya akan melihat bahwa kita baik atau potensial ketika kita diwawancara, maka anda harus hati hati saat menjalani wawancara dan anda harus benar benar dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Berikut ini saya paparkan beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan saat anda menjalani wawancara:


  1. Kenali Perusahaan Tempat Anda Akan Diwawancara: Tahap pertama yang harus anda laukan adalah anda mencari tahu tentang seluk-beluk perusahaan tempat anda akan diwawancara, biasanya pertanyaan saat wawancara tidak akan jauh seputar pengetahuan anda mengenai perusahaan tersebut, oleh karena itu anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan itu, anda bisa mencari tahunya lewat media massa, media social atau dari media lain.
  2. Percaya Diri: Ini dia kunci kedua yang bisa menentukan anda sukses atau tidaknya saat wawancar, percaya diri atau PD sangat menentukan kualitas wawancara, jika anda percaya diri maka kesan pewawancara ketika melihat anda datang saja sudah berbeda, maka percaya dirilah ketika akan diwawancara, jangan minder dan percaya dirilah.
  3. Jangan Takut untukBertanya: Jika ada hal atau pertanyaan yang belum jelas, segera tanyakan. Jangan pernah takut untuk bertanya dan hilangkan rasa malu untuk bertanya jika yang anda tanyakan itu memang penting dan baik, yang harus diingat adalah anda harus sopan dan tau kapan saatnya anda harus bertanya, jangan sampai pertanyaan anda memotong pembicaraan pewawancara.
  4. Mendengar: Saat wawancara anda tidak hanya diharuskan menceritakan pengalaman atau nilai jual anda, tapi anda juga diharuskan untuk menjadi pendengar yang baik, mendengarkan setiap pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara, agar kesan pewawancara ketika melihat anda menjadi tertarik.
  5. Pelajari CV (Curiculum Vitae): Tahap berikutnya adalah anda harus mempelajari CV anda sendiri, ini diharuskan agar tidak ada jawaban yang berbeda saat pewawancara menanyakan mengenai anda dan jawaban anda sesuai dengan apa yang ada di CV anda.
  6. Persiapkan Rute: Satu hal yang tekadang diabaikan oleh orang yang akan menjalankan wawancara yaitu menyiapkan rute atau perjalanan menuju lokasi wawancara, ini penting agar anda tepat waktu sampai tujuan dan menghindaris segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.
  7. Senyum: Hal kecil yang berdampak besar adalah salah satunya senyum, memberikan aura positif dan kesan ramah adalah keharusan agar pewawancara terkesan dengan sikap kita.
  8. Penampilan (Pakaian): Jangan anggap remeh hal ini, karena kesan pertama yang akan dilihat oleh pewawancara adalah penampilan kita, jika pewawancara sudah teresan dengan penampilan kita maka kemungkinan dia akan merekrut kita sangat besar.
Itulah beberapa tips yang saya sarankan, semoga wawancara yang kita jalani menjadi awal dari sebuah kesuksesan kita, yang harus diingat adalah "wawancara bukanlah segalanya, tapi wawancara dapat menentukan segalanya".
Semoga bermanfaat.......
0 Komentar untuk "Tips Sukses Wawancara (Wawancara Hebat)"

Back To Top