Bahaya Mendengarkan Musik Pakai Headset

Pendengaran, merupakan salah satu karunia yang sangat berharga yang tuhan ciptakan untuk hambanya. Pendengaran pula lah yang menjadikan dunia ini lebih indah, tanpa bisa mendengar apapun nikmat yang kita miliki tentu akan terasa kurang, maka dari itu, bersyukurlah atas nikmat yang telah tuhan berikan kepada kita..

Langsung saja, berbicata tentang pendengaran, akhir akhir ini banyak orang yang tanpa disadari mengabaikan nikmat mendengarkan yang telah tuhan ciptakan. Kenapa begitu? karena seiring dengan majunya teknologi, banyak orang orang yang ingin lebih instan dalam melakukan sesuatu. Salah satunya dalam mendengarkan musik, banayak orang orang yang lebih suka mendengarkan musik dengan manggunakana Headset atau Earphone, selain karena lebih praktis mendengarkan musik dengan cara ini pun lebih baik kualitas suaranya. 

Tapi ada beberapa resiko yang harus diperhatikan tentang bahaya mendengarkan musik musik melalui Headset atau Earphone ini, berikut adalah beberapa resiko atau bahayanya;

1. Bisa Merusak Telinga (Tuli)
Hali ini bisa terjadi jika penggunaan headset atau earphone melebihi batas kewajaran. Terlalu sering dan terlalu lama mendengarkan musik menggunakan headset/earphone dapat merusak organ telinga terutama gendang telinga. Terlebih lagi jika volume-nya terlalu besar, ini akan menyebabkan gendang telinga mengalami kerusakan.

2. Kehilangan Pendengaran di Usia Muda
Banya anak muda terutama remaja yang mendengarkan musik dengan menggeber headset/earphon nya, jika kebiasaan ini dilakukan sedari kecil maka potensi kehilangan pendengaran di usia muda akan semakin cepat. Berilah jeda yang cukup untuk telainga mengembalikan fungsninya dengan baik, karena jika telinga terus menerus digeber dengan tegangan suara yang tinggi maka potensi kerusakan indra pendengaran akan semakain cepata terjadi.

3. kualitas Pendengaran
Yang tak kalah menakutkan yang akan terjadi secepatnya, kualitas pendengaran kita akan menurun, jika kita sering menggunakan headset/earphone dengan volume yang keras maka kualitas pendengaran kita akan menurun. Jika tadinya kita bisa mendengar dengan jarak yang jauh, namun apabila kita sering menggunakan haedset/earphone makan bisa saja kita hanya bisa mendengar dengan jarak yang dekata dan volume yang besar.

4. Kerusakan OTAK
Headset/earphone ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik yang dapat memicu kerusakan otak dikarenakan radiasi. Hal ini sudah dibuktikan dengan percobaan pada tikus, setelah diteliti otak tikus ternyata rusak setelah didengarkan musik dengan volume keras selama beberapa hari, lain lagi pada tumbuhan, tumbuhan menjadi layu setelah didengarkan musik selama beberapa hari.

5. Infeksi 
Jika penggunaan headset/earphone ini terlalu sering dan si pemakai mengabaikan kebersihan maka bisa saja earphone/headset yang digunakan terkena bakteri atau kotor, dan bakteri atau kuman tadi bisa saja masuk ke rongga telinga dan menyebabkan infeksi pada organ telinga. Untuk menghindari hal ini terjadi, jangan meminjamkan headset/earphone anda kepada orang lain.

Semoga bermanfaat, bersyukurlah dengan nikmat yang telah tuhan berikan, Karena hanya dengan bersyukur maka nikmat kita akan ditambah..
3 Komentar untuk "Bahaya Mendengarkan Musik Pakai Headset"

Baca ini, jadi semakin tahu. Nice kang :D

Semoga bermanfaat, thanks..

Stadz headphone saya sering dipake Abang saya itupun kadang kadang MINJEM ya gk bilang bilang

Back To Top