Cara Belajar Yang Efektif




http://www.sanggarbelajarbareng.blogspot.com
 Orang bisa menentukan sendiri kapan waktu yang paling tepat untuk belajar. Apakah memilih pagi, sore atau mala hari. itu terkadang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita dan sesuaikan dengan kemampuan kita dalam belajar.

Jadi waktu belajar seseorang memang tidak bisa sama. Yang penting jangan terlalu memaksakan atau memporsir balajar hingga larut malam karena biasanya hasilnya juga tidak akan bisa maksimal dan jika kita tetap memaksakan untuk belajar sementara kita tidak mau untuk belajar maka hasil yang kita dapat kan nihil.
berikut ada beberapa tips belajar yang mungkin bisa rekan rekan coba aplikasikan dalam proses belajar rekan rekan.
  1. Ciptakan suasana yang kondusif           
Suasana yang kondusif ketika belajar adalah salah satu hal yang paling penting yang harus ada ketika kita akan belajar, karena dengan suasana yang kondusif maka proses belajar kita akan menjadi lebih tenang dan dengan suasana yang tenang maka materi yang kita pelajarai akan lebih mudah untuk kita serap.
2.      Lihat garis besarnya dahulu
Ketika kita akan memulai sebuah pembelajaran hendaklah kita membuat garis besar materi yang akan kita pelajari terlebih dahulu agar ketika kita sudah siap untuk belajar maka kita sudah tahu da ada konsep tentang materi apa yang akan kita pelajari.
3.      Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran
Yang tidak kalah penting dalam belajar adalah membuat intisari materi yang akan kita pelajari karena dengan adanya inisari materi maka kita tidak akan bingung dan tidak akan keluar dari materi apa yang akan kita pelajari.
4.      Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat
Hal lain yang tidak kalah penting dalam belajar dan yang sering kita rasakan dampak langsungnya adalah kemampuan kita untuk mengingat, semakain sering dan banyak kita mengingat materi belajar  maka kaita akan semakin mudah ketika membutuhkan materi tersebut utnuk belajar dikemudian hari.
5.      Belajarlah dengan tekun dan rutin.
Ini dia yang menjadi kunci dan point utama dalam menentukan hasil dari proses belajar kita, semakin kita tekaun dalam belajar maka hasilnyapun akan semakin baik.

            Semoga beberapa tips diatas dapat membantu rekan rekan dalam belajar, oya jangan lupa juga berdoa ya, karena usaha kita juga membutuhkan doa..
0 Komentar untuk "Cara Belajar Yang Efektif"

Back To Top